Biografi Andi Abdullah Bau Massepe - Bangsawan Bugis Pemimpin Melawan Penjajah

Biografi Andi Abdullah Bau Massepe - Bangsawan Bugis Pemimpin Melawan PenjajahLetnan Jenderal TRI Andi Abdullah Bau Massepe adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia yang dikenal pejuang heroik dari daerah Sulawesi Selatan. Ia merupakan Panglima pertama TRI Divisi Hasanuddin dengan pangkat Letnan Jendral. Gelar Pahlawan nasional Indonesia diberikan oleh oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 November 2005 saat peringatan Hari Pahlawan 10 November 2005.


Biografi

Andi Abdullah Bau Massepe lahir di Massepe, Kabupaten Sidenreng Rappang, Celebes, pada tahun 1918 sebagai putra dari Andi Mappanyukki (Raja dari Kerajaan Bone, salah satu pahlawan Nasional dari Sulawesi Selatan) dan ibunya Besse Arung Bulo (putri Raja Sidenreng, anak dari La Sadapotto Addatuang Sidenreng dengan Baeda Addatuang Sawitto).

Beliau pernah mengecap pendidikan formal di Sekolah Rakyat selama 1 tahun (1924), HIS (Hollands Inslander School (selesai 1932). Selain itu Dia juga memperoleh pendidikan dilingkungan kerajaan yang dikenal dengan pangngadereng dikalangan budaya Bugis Makassar.

Dia adalah pewaris tahta dari dua kerajaan besar di Sulawesi Selatan yaitu Kerajaan Bone dan Gowa. Ia juga merupakan pewaris tahta dari lima kerajaan di sebelah barat Danau Sidenreng yaitu Suppa, Allita, Sidenreng Rappang dan Sawito.

Semasa hidupnya Abdullah Bau Massepe pernah tiga kali beristri. Istri yang pertama bernama Andi Maccaya melahirkan putri bernama Andi Habibah. Istri yang kedua bernama Linge Daeng Singara melahirkan Andi Ibrahim dan Andi Subaedah Bau te’ne.

Pada tahun 1933 Massepe menikah dengan Andi Bau Soji Datu Kanjenne yang kemudian dianugerahi putra-putri Bau Kuneng, (Datu Lolo), Bau Amessangeng, (Datu Iccang), Bau Dala Uleng (datu Uleng) dan Bau Fatimah. (datu Toeng).


Peran dalam perjuagan kemerdekaan

Pada masa penjajahan, Andi Abdullah Bau Massepe memimpin perjuangan dalam bidang politik, dan militer dengan jalan memelihara keamanan. beberapa perannya adalah mengumpulkan senjata, membeli dan merampas senjata dari Jepang, menyusun strategi dan sabotase serta mengumpulkan pemuda untuk memutuskan jalan yang biasa dilalui Belanda.


Raja-raja di Sulawesi Selatan

Andi Abdullah Bau Massepe merupakan Datu Suppa ke 25 berdasarkan silsilah Dia adalah ana' mattola di Suppa. Dia adalah pewaris tahta dari dua kerajaan besar di Sulawesi Selatan yaitu Kerajaan Bone dan Gowa. Ia juga merupakan pewaris tahta dari lima kerajaan di sebelah barat Danau Sidenreng yaitu Suppa, Allita, Sidenreng Rappang dan Sawito.


Jabatan pada organisasi

  • Panglima Pertama TRI Divisi Hasanuddin dengan pangkat Letnan Jenderal
  • Ketua Bunken Kanrekan Pare-Pare, Ketua Organisasi SUDARA afderling Pare-Pare
  • Ketua Pusat Keselamatan Rakyat Penasehat Pemuda/Pandu Nasional Indonesia
  • Ketua Umum BPRI (Badan Penunjang Republik Indonesia)
  • Kordinator perjuangan bersenjata bagi pemuda di Sulawesi Selatan


Tanda Jasa

  • Piagam Gelar Pahlawan Nasional dari President Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 7 November 2005
  • Bintang Mahaputra Adipradana dari President RI, Susilio Bambang Yudhoyono, pada tahun 2005
  • Angugerah Bintang Gerilja Setjara Anumerta dari President RI, Ir.Soekarno, nomor 175, 12 Agustus 1959


Wafat

Andi Abdullah Bau Massepe tewas ditembak oleh pasukan Mayor Raymond Westerling -Korps Speciale Troepen Belanda- pada tanggal 2 Februari 1947 setelah ditahan selama 160 hari. Wafat 10 hari sesudah konferensi Pacekke (tanggal 20 Januari 1947). Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan kota Pare-Pare (110 kilometer utara Kota Makassar). Perihal kematiannya dalam wawancara pihak keluarga (Hajjah Andi Habibah, putri tertua dia) menyatakan tidak ditembak mati oleh Westerling, tetapi diduga dibunuh dengan menyumbat pernapasannya. Kematiannya pun disembunyikan oleh pihak Belanda dan tidak adapun saksi mata yang melihat dia terbunuh. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Andi_Abdullah_Bau_Massepe)

Postingan populer dari blog ini

Profil Abdul Kadir Gelar Raden Temenggung Setia Pahlawan - Pahlawan dari Melawi

Teks Biografi Abdulrachman Saleh - Pahlawan Nasional

Biografi Abdul Wahab Hasbullah - Tokoh Islam, Pendiri Nadhlatul Ulama